Instalasi Pipa Hydrant Membuat Gedung Aman

Instalasi Pipa Hydrant Membuat Gedung AmanInstalasi pipa hydrant adalah upaya yang dapat dilakukan pada pengamanan gedung untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran. Banyak sekali gedung tinggi yang harus memiliki sistem keamanan yang baik untuk menjaga keamanan manusia-manusia di dalamnya. Kebakaran dapat terjadi oleh banyak hal, tak melulu akibat api yang sengaja disulut lalu menyebar ke seluruh ruangan. Korsleting listrik juga bisa menjadi salah satu sebab dari kebakaran tersebut. Bahkan sebagian besar kebakaran di gedung-gedung tinggi disebabkan oleh hal itu.

 

Serderhana saja metode dari pipa hydrant ini, kalau ada api maka akan disiram. Namun tentu saja sistem tersebut terintegrasi dengan banyak settingan dan panle sensor yang akan bekerja bila masanya dibutuhkan. Kerugian akibat kebakaran sangat besar bila dibandingkan dengan biaya pemasangan instalasi hydrant ini. Prinsip kerja yang dijalankan untuk memadamka api adalah dengan cara mendeteksi panas yang ada di sebuah ruangan, alarm kebakaran akan berbunyi, lalu air akan keluar dari pipa-pipa yang ditanam di atap-atap ruangan. Meski fungsinya adalah untuk mengamankan sebuah gedung dari kebakaran, instalasi air dan pipa juga harus dirawat agar mampu menjalankan performanya dengan maksimal. Kerusakan tetap dapat terjadi pada sebuah rangkaian instalasi sekalipun.

 

Instalasi pipa hydrant adalah rangkaian sistem yang membuat hubungan antara pompa ke sumber air. Dalam pompa tersebut juga sudah dipasangi sensor untuk pendeteksi api atau panas. Meski kelihatannya sederhana, yakni hanya menyemprotkan air ketika terjadi api, namun sebenarnya ada banyak sambungan antara reservoir satu ke reservir lainnya yang membentuk suatu sistem terintegrasi. Anak fisika pasti paham mengenai sambungan-sambungan tersebut. Letak dari sebuah tangki reservoir ini ada dua yakni di atas dan di bawah. Kapasitas tampungannya bisa mencapai 500 galon dalam jangka waktu yang lumayan cepat cepat yakni 30 menit. Cukup efektif bila terjadi kebakaran atau api yang mulai membesar perlahan. Selain memiliki sistem otomatis. Air dalam pipa ini juga dapat digunakan oleh pemadam kebakaran untuk memadamkan api dengan semprotan besar yang ada.

 

Rancangan yang tepat dalam pembangunan sebuah gedung diperlukan agar gedung tak sekedar gedung yang berdiri tanpa pengamanan saja. Pernah ada sebuah pemberitaan yang mengatakan bahwa sebuah gedung mengalami kebakaran dan sistem keamanan api tak berfungsi. Sekalilagi perawatan perlu adanya demi keselamatan banyak pihak. Hal-hal tersebut kadang dianggap sepele memang dan akan diperbincangkan ketika tragedi kebakaran sudah terjadi. Instalasi pipa hydrant baik diintegrasikan dengan saluran air bawah tanah agar mengisinya juga mudah dan tida tergantung pada satu sumber saja yakni air dari pasokan PDAM. Akhir kata itulah tadi sedikit informasi mengenai pengamanan terhadap kebakaran dengan pipa hydrant. Gedung akan menjadi semakin aman karenanya.